/*.......... PERCOBAAN......................*/ /*........ PERCOBAAN......................*/

Belajar dari Ghandi

Suatu hari ada seorang ibu membawa anaknya datang kepada gandhi,dan berkata,”gandhi maukah engkau menasehati anak saya ini? Dia mempunyaisebuah penyakityang untuk kesembuhannya dai tidak boleh mengonsumsi garam. Tolong beri nasehat kepadanya untuk tidak makan garam. Sayadan keluarga bahkan dokternya pun sudah berulang kalio menasehatinya, namun diamasih tetap masih makan garam. Saya sudah kehabisan kata-kattolong saya siapa tahu dia akan menurutimu.”

Dengan senyumdan suara lembut ghandi berkata “ibu sekarang saya tidak bisa berkata apa-apa,silakan ibu pulang dan bawa anak ibu kesini minggu depan.

Ghandi,  kataibu itu, “anak itu didepanmu sekarang, tidak bisakah kamu sekarang menasihatinya? Ghandidengan senyum yang selaludi bibirnya hanya menggelengkan kepalanya yang menandakan tidak.

Dengan perasaan campur aduk, ibuitu pulang dan tepat satu minggu mereka berdua ada di hadapan ghamdi. Saya sudah menunggu satu minggu, kata ibu itu kepadaghandi. Sekarang berikan nsiohat itu. Kemudian ghandi datang dan mendekati ke anakitu dan menasehatinya untuk tidak makan garam.apa yang dikatakan ghandi tidaklahistimewa,tidak ada stupun yang baru, hanya sebuah nasihat yang sederhana, tidak lebih.

Pada saat itu sangibu merasa sedikit kecewa karenadalam penantiannya satu munggudia  berharapghandi akan melakukan sesuatu yang lebih daripada kata-kata yang biasa.

Tidaklama kemudian ghandi meminta ibu dan anak itu untuk pulangkali ini perasaan ragu-ragu menyelimuti si ibu. Si ibu tidak yakin ini akanberhasil. Namun yang terjadi sebaliknya, anak ini berhenti makan garam. Ibunya berpikirr mungkin ini hany akanterjadisatu atau dua kali hari,teteapi kenyataanynya lebih dari itu,anak tersebut total berhenti makan garam selama berhari-hari, bahkan berminggu-minggu.

Didorong rasa penasaran yang tinggi seorang diri ibuitu datang menghadap ghandi untuk ketigakalinyadan langsung bertanya “ghandi rahasia apa yang kamu miliki sehingga kamu bisa membuat anak saya berhenti makan garam? Tanya si ibu. “kata-katamu yang kamu ucapkan adalah kata-kata biasa saya sering menasehatinya dengan cara yang sama menurutsaya dokternya menasehati dengan cara yang lebih baik, tapi mengapa anaksaya menurutkepadamu?

Denganlembut ghandi menjawab pertannyaan ibu dengan jawaban “ibu masih ingat pada saatpertama kali ibu kesini dansaya meminta ibu datang satuminggu kemudian “?

Ya itu kenapa, terus terang saya masih penasaran” sahut ibu itu dengan cepat.

Pada saat itusaya belum bisa menasehati anak ibu untuk makan garam, karena saatitu saya masih  mengonsumsi nya. Sepulang ibu saya saya berhenti makan garam, sampai kemudian ibu datang lalgi, barusaya bisa berbicara untuk tidak makan garam ke anak ibu.

Diambil dari buku;
Happiness inside
Penulis gobind vashdev

Share this post :

Posting Komentar

Lowongan Kerja & Info Lomba

Popular Post

Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. el_munsih678 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Editing by Amir Hamzah
Proudly powered by Blogger