/*.......... PERCOBAAN......................*/ /*........ PERCOBAAN......................*/

kisah rustam dan sohrab [amr]

Tersebutlah seorang pahlawan besar persia bernama rustam dan sohrab. Mereka adalah ayah dan anak, namun mereka tidak p;ernah bertatap muka samapi suatu hari mereka harus beradu pedang, berjuang mati-matian di area pertempuran.sebagai dua komandan dari dua pasukan yang saling bermusuhan.

Cerita ini dimulai saat rustam harus meninggalkan rumah beberapa saat setelah kelahiran putranya, sohrab, untuk pergi mengemban tugas sebagai komandan dari sang raja persia. Tugas itu adalah menaklukan dunia. Sebelum meninggalkan kedua orang yangdi cintainya rustam memberiakn jimat kepada isterinya, dan berpesan agar jimat itu di ikatkan ditangan kanan anaknya sehingga dia akan mengenali anaknya bila suatu saat bertemu.

Sejak usia belia putra komandan persia ini menggabungkan diri nya dengan pasukan yunani.entah karena bakatturunan atau faktor lainnya, karir sohrab dalam ketentaraan melejit bagaikan rising star. Kemampuan dan kekuatanya menghantarkan dirinya menjadi komandan pasukan yunani dalam waktu singkat.

Ketika suatu hari  kedua negara tersebutbertemu di medan pertempuran, berjumpalah sang anak dan ayah, mereka tidak menegnali satu samalain. Mereka bertempurhabis-habisan selama lima belas hari tanpa berhenti. Rustam mulaikehabisan tenaga dan dengan cara yang licik berhasil membuat putranya tersandung dan terjatuh. Kemudian dengan sekuat segera kesempatan baik itu tidak di sia-siakan, rustam menikam sohrab tepat di dadanya. Sohrab menjerit”hai orang malang! Berhati-hatilah terhadap balas dendam rustam, ayahku. Untuk perbauatn keji ini, dia pasti akan memberikan ganjaran yang setimpal kepadamu.”

Bagai disambar petir di siang bolong, rustam terhuyung-huyung ketika mengenali jimat yang ada di lengan kanan sohrab. Tubuh rustam seakan menggigil bisu, dia mendekap sohrab dan mencium dahinya,”anakku... anakku. Ya tuhan, apa yang telah aku lakukan? Ampun..ampun..ya tuhan.”

Luka yang diderita putranya sangat berbahaya.secepat kilat dia menunggang kuda nya dan menuju sang raja, satu-satunya orang yang mempunyai obat penyembuh untuk luka yangtergiolong berat. Tetapi, sangraja yang telah mendengar kehebatan sohrab menolak  permintaan rustam. Bagikan pengemis rustam mengiba menjatuhkan diri dikaki sang raja, sambil meyakinkan raja bila kelak anaknya sembuh, anaknya akan menggantikan dirinya dan lebihberhasil dalam misi menklukan dunia. Sang raja tetap bergemaing. Sementara itu, sohrab telah meninggal sebelum ayahnya kembali. Sewaktu rustam melihat jenazah anaknya, dia jatuh pingsan dan kehilangan ingatan.

Diambil dari buku;
Happiness inside
Penulis gobind vashdev
Share this post :

Posting Komentar

Lowongan Kerja & Info Lomba

Popular Post

Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. el_munsih678 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Editing by Amir Hamzah
Proudly powered by Blogger