/*.......... PERCOBAAN......................*/ /*........ PERCOBAAN......................*/

Raja Salah kaprah

Ada seorang raja yang menderita sakitkepala berkepanjangan, sehingga sulit untukdisembuhkan dan memanggil juru sembuh,  raja tersebut berkeliliong ke beberapa negarauntuk memperoleh kesembuhannya. Sampai suatu saant dia bertemu dengan seorang tabib yang sangat sederhana tetapi kesaktiannya tidak diragukan lagi. Ketika sang raja mengeluhkan sakitnya, tabib itu dengan enteng menjawab “yang di perlukan paduka adalah sering-sering melihat warna hijau” setelah berucap begitu sang tabib dan juga petapa itu dengan santainya membalikan badan dan mennggalkan raja.

Karena kesohornnya, raja percaya kepada tabib itu,dan dia kembali kekerajaannya dan mengintruksikan agarsemua benda di sekelilingnya di ganti warna hijau, dari cat tembok, seragam tentara, sampai gelas dan piring. Setelah itu, benar, ternyata sakit yang di derita sang paduka raja sembuh. Raja sangatbahagia dengan kesembuhannya, walaupun ada beberapa kerabat yang tidak suka dengan apa yang terjadi, karena kini tidak ada warna lain selain hijau.

Beberapa bulan kemudian,raja mendengar bahwa tabib yang pernah menyembuhkannya berada di kota mana dia tinggal. Raja meminta perajurituntuk menjemput tabib sakti itu ke kerajaannya. Setelah bertemu, raja memberikan hadiah serta menjamu orang yang berjasa ini. Rakja mengajak tabib berkeliling sambil memperlihatkan bahwa apa yang dinasihatkannya telah dilaksanakan dan benar terbukti menyembuhkannya.

Tabib itu dengan sangat tenang dan muka yang datar berkata “baginda, apa yang anda lakukan? Mengapa anda mengubah istana menjadi satu warna?” dalam kebingungan baginda menjawab, “bukankah itu yang kau sarankan, agar saya banyak melihat warna hijau?”

“ya, saya memang bilang begitu, namun mengapa anda ganti semuanya yang ada di sekitar dengan warna hijau, bukankah lebih bijak bila anda sendiri yang memakai kacamata berwarna hijau.”

buku:Happiness inside
Penulis gobind vashdev


Share this post :

Posting Komentar

Lowongan Kerja & Info Lomba

Popular Post

Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. el_munsih678 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Editing by Amir Hamzah
Proudly powered by Blogger