/*.......... PERCOBAAN......................*/ /*........ PERCOBAAN......................*/

Pendidikan Yang Mendidik

Hari pendidikan adalah hari yang begitu spesial bagi saya. Karena dengan adanya pendidikan saya bsia mengenal banyak hal, dan tahu segala hal. Saya bersyukur dengan adanya pendidikan justru saya bisa menjadi seperti saat ini.

Tanpa pendidikan saya tidak mungkin akan menjadi seorang mahasiswa. Dalam mengikuti pendidikan tentu tak semudah kita membalikan tangan. Ada serangkaian proses yang harus saya tempuh dan itu memakan waktu bertahun-tahun.

Jika perjuangan yang bertahun-tahun itu saya tinggalkan tentu saat ini gelar mahasiswi tidak mungkin saya raih. Perjuangan yang cukup lama itu saya namakan “sekolah”. Sekolah itu tidak mudah, sekolah itu butuh kesabaran, ketekunan, kedisiplinan dan keuletan. Jika empat unsur ini hilang saya jamin dikelas hanya akan jadi siswa biasa dan akhirnya menjadi lulusan yang biasa pula.

Lain halnya jika keempat unsur itu betul-betul ditanamkan dan diaplikasikan dalam keseharian tentu akan melahirkan kekuatan super dahsyat. Lebih jelasnya, di sekolah akan punya prestasi yang baik dan akhirnya jadi siswa dan lulusan terbaik.  Inilah yang guru-guru kita harapkan bukan? Disinilah peran siswa dan guru yang bermain.

Bertepatan dengan hari pendidikan, saya ingi mengucapkan terima kasih banyak kepada seluruh guru-guru yang telah begitu banyak berjasa. Mengajari saya dengan penuh keikhlasan dan kesabaran kala itu, hingga akhirnya saya bisa mengerti dan merasakan semua yang telah diajarkan. Jika bukan karena keihlasan dan kesabaran guru-guru semuanya, mungkin semua ini tidak akan saya rasakan.

Kepada guru-guru Sekolah Dasar, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah sekali lagi saya ucapkan terima kasih banyak atas semua ilmu yang telah diajarkan. Saya mohon maaf bila dulu ada perkataan atau perbuatan yang tidak berkenan. Saya menyanyagi kalian semuanya. Semoga kelak amal baik ini Allâh swt yang membalasnya dengan balasan surga. Amîn.

Ucapan terima kasih yang kedua saya ucapkan kepada lembaga pendidikan yang sudah bekerja ekstra untuk memikirkan pendidikan di negri ini. Semoga usahanya tidak sia-sia, dan mendapatkan hasil. Semoga gagasan yang saat ini dirancang betul-betul terrealisasi dan mampu memberikan dampak perubahan karakter bagi rakyat indonesia.

Pendidikan memang tidak hanya menyangkut lembaga saja. Secara garis besar keluarga dan masyarakat juga terlibat dalam dunia pendidikan itu sendiri. Pendidikan sekolah tidak mungkin berhasil apa bila pendidikan masyarakat tidak mendukung. Begitu juga pendidikan di keluarga, jika pendidikan keluraga baik tetapi di sekolah tidak mendukung maka akan mempengaruhi.

Berarti pendidikan itu bisa dikatakan berhasil apabila ketiga komponen itu betul-betul bergerak dan terlibat. Sedangkan tugas mendidik itu dibebankan kepada siapa?? Praktisi pendidikan saja kah?? Tentu inilah yang harus digali dan dipahami. Tugas mendidik adalah tugas bersama, jika mendidiknya salah maka resokonya fatal. Oleh karenannya marilah kita buat keluraga yang mendidik, sekolah yang mendidik, dan lingkungan yang mendidik. [zah]
Share this post :

Posting Komentar

Lowongan Kerja & Info Lomba

Popular Post

Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. el_munsih678 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Editing by Amir Hamzah
Proudly powered by Blogger